Friday, December 29, 2017

layanan Web hosting apa itu dan Macam-macam web hosting




A. Judul/Nama kegiatan 

Layanan Web hosting dan Macam-macam Web Hosting

B. Pendahuluan : 

Pengertian 
Layanan web hosting adalah jenis layanan hosting internet yang memungkinkan individu dan organisasi membuat situs web mereka dapat diakses melalui World Wide Web.

Latar Belakang 
Mempelajari Web Hosting

Maksud & tujuan 
Mengetahui Macam-macam Web Hosting

Hasil yang diharapkan 
Mengerti apa itu Web Hosting

C. Alat & Bahan 
- Koneksi internet 
- Pc /Laptop 

D. Jangka waktu pelaksanaan 
45 menit

E. Proses tahapan pekerjaan  
  • Web Hosting

    Layanan web hosting adalah jenis layanan hosting internet yang memungkinkan individu dan organisasi membuat situs web mereka dapat diakses melalui World Wide Web. Web host adalah perusahaan yang menyediakan ruang pada server yang dimiliki atau disewakan untuk digunakan oleh klien, serta menyediakan konektivitas internet, biasanya di data center.



  • Fungsi Web Hosting

    Web Hosting berfungsi untuk menyediakan layanan yang memungkinkan user dapat menyimpan data untuk dapat diakses dari mana saja melalui jaringan internet. Web hosting akan memudahkan kita untuk mencari informasi didunia internet.

    Biasanya para perusahaan penyedia web hosnting juga menyediakan domain sehingga kita bisa menyediakan dan membeli domain dan hosting dalam satu paket. Hal ini sangat memudahkan kita dalam mengelola data yang kita punya.
  • Macam-macam Web Hosting :
  1. Free Hosting
    Free Hosting adalah sebuah layanan web hosting yang disediakan secara gratis. Anda hanya diminta untuk mendaftarkan diri dengan mengisikan biodata diri dan email anda. Selanjutnya anda akan mendapatkan balasan email konfirmasi bahwa anda sudah menjadi anggota dan sudah memiliki akses pada web hosting. Pada Free Hosting perusahaan akan memberikan batasan kapasitas dari layanan sehingga disarankan untuk upgrade pada hosting yang premium.
  2. Shared Hosting
    Shared Hosting adalah layanan web hosting berbayar yang ditawarkan oleh perusahaan jasa web hosting. Kelebihan dari web hosting jenis ini adalah harganya yang sangat murah. Para pengguna biasanya diminta untuk memilih paket hosting yang akan disewa. Pada dasarnya penyedia layanan web hosting ini akan menyediakan sebuah server dan sumber daya yang digunakan seperti harddisk dan memori. Kemudian server tersebut akan dipakai oleh beberapa user. Kebanyakan layanan web hosting di Indonesia menyediakan layanan web hosting jenis ini, karena harganya relatif lebih murah.
  3. Reseller Hosting
    Reseller hosting merupakan layanan yang diberikan oleh perusahaan web hosting kepada para membernya untuk dapat mengundang teman dan bergabung dengan web hosting mereka. Web Hosting jenis ini biasa disebut dengan makelar dari web hosting. Perusahaan akan memberikan komisi kepada seseorang yang dapat mengajak teman atau orang lain untuk bergabung dan mendaftar di layanan web hosting perusahaan tersebut. Web hosting ini cocok untuk orang bisnis dibidang web hosting tetapi belum punya modal untuk membentuk perusahaan layanan web hosting sendiri. 
  4. VPS (Virtual Private Server) Hosting
    VPS adalah sebuah layanan yang memungkinkan kita untuk menyewa server utuh. Sehingga kita bisa mengelola sesuai dengan keinginan kita. Hosting jenis ini memiliki kelebihan yaitu kita dapat memiliki akses pada root, pemilihan sistem operasi yang digunakan, penginstalan aplikasi sendiri yang dapat digunakan untuk beberapa web site sekaligus. Penyedia VPS biasanya akan memberikan batasan bandwith, memori dan kapasitas hardisk.
  5. Dedicated Hosting
    Dedicated Hosting  merupakan sebuah layanan web hosting yang memungkinkan pelanggan untuk dapat menyewa server kepada perusahaan penyedia layanan. Kelebihan dari layan ini adalah pelanggan dapat menggunakan sever dan sumber daya yang ada sesuai dengan kemauan sendiri seakan-akan pelanggan tersebut memiliki server tersebut.
    Biasanya penyedia layanan akan menyediakan server kepada para pelanggan sehingga pelanggan dapat menggunakan server tersebut sesuai dengan kebutukan mereka.
  6. Colocation Hosting
    Colocation Hosting merupakan layanan web hosting yang paling mahal. Karena disini perusahaan penyedia layanan hanya menyediakan tempat dan sarana pendukung saja. Sedangkan pelanggan akan menyediakan server mereka sendiri untuk bisa beroperasi. Layanan web hosting jenis ini sangat cocok untuk perusahaan yang besar yang mempunyai trafik yang sangat tinggi.
F. Hasil yang didapatkan 
Mengerti tentang beberapa macam Web Hosting

G. Temuan masalah 
Tidak ada 

H. Kesimpulan yang didapat 
Dengan

I. Referensi 
https://en.wikipedia.org/wiki/Web_hosting_service
http://www.teorikomputer.com/2016/04/macam-macam-web-hosting.html

Sekian blog saya pada hari ini apabila ada kesalahan mohon maaf.
Selamat mencoba & Semoga berhasil.
Wassalamualaikum wr. wb.