Thursday, January 4, 2018

Network Convergence





Pendahuluan

Pengertian Network convergence merupakan suatu jaringan yang terintergrasi oleh jaringan telepon, video, dan data komunikasi yang berada di jaringa tunggal. 
jaringan konvergensi juga di disebut konvergensi media.
Pengertian Network Convergence juga merujuk pada penyedia layanan telepon, video dan komunikasi data pada suatu jaringan tunggal. Penyelenggaraan jasa telekomunikasi merupakan kegiatan penyediaan atau pelayanan jasa telekomunikasi yang memungkinkan terselenggaranya telekomunikasi melalui media apa aja, termasuk TV, siaran, radio dan multimedia.
Konvergensi media adalah penggabungan media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan. Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan. Salah satu contoh konvergensi media adalah internet. Sebagai jaringan, internet merupakan konvergensi antara komputer dengan teknologi jaringan serta infrastruktur telekomunikasi telepon (PSTN dan nirkabel/wireless). Sebagai alat internet merupakan konvergensi fungsi transmisi data, gambar, suara ,dan gambar bergerak.
Latar Belakang

Para pengguna dapat berkomunikasi  dengan berbagai media  dan melayani para pengguna dengan pelayanan media convergence

Hasil yang di harapkan

Dapat mengimplemtasikan network convergenci di berbagai tempat

Maksud dan tujuan

- memudahkan pengguna dalam berkomunikasi
- Pelayanan yang baik

Alat dan bahan

--

Jangka waktu pelaksanaan

6 Jam

Materi yang didapat

Macam macam jenis media yang sering di gunakan di media convergence

1. Web surfing menjelajahi situs web , contoh pengguna mengakses web surfing untuk keperluan questing

2. Aplikasi konferensi video ,  koneksi visual antara dua orang atau lebih yang beada di lokasi terpisah untuk tujuan komunikasi seperti video call

3. Voice over IP (VOIP) - transmisi suara  dengan menggunakan konteen  voice over internet protocol atau ip jaringan

Tantangan jaringan terkovergensi

jaringan konvergasi yang baik dan cepat dalam melayani pengguna, di buthukan juga domain yang semakin besar semakin baik

konvergensi jaringan yang efektif terletak pada desain, instalasi dan pemeliharaan perangkat keras.

Tipe jaringan Convergence

Convergence adalah layanan untuk berinteraksi. tipe dasar dari network convergence adalah kombinasi dan koneksi antar media.

Perusahaan menggunakan jaringan tunggal untuk menyediakan bebrapa layanan komunikasi yang sebelumnya menbutuhkan jaringan yang berbeda . yang bisa di sebut multiple play tipe ketiga market convergence.

contoh dari produk dan layanan baru dari convergence network teermasuk;

home-banking and home-shopping melalui internet.

voice over internet protocol (voip)

e-mail, data dan akses world wide web (www) melalui jaringan telepon selluler dan kegunaan dari jaringan nirkabel atau wireless

layanan data melalui media digital broadcasting

layanan on-line seperti web-tv

layanan audiovisual

Evolusi Convengence Network

Menanggapi keinginan pengguna, convergence telah berevolusi di Internet. Sekarang, berkirim SMS, menjelajah Web, VoIP, streaming media, aplilasi videoconference, game online dan e-commerce semuanya dibutuhkan konsumen, perusahaan, institusi pendidikan dan lembaga pemerintahan. Tujuannya Tuntutan untuk bandwidth mungkin yang paling signifikan.

Hasil yang didapatkan

pemahaman dalam arti luas tentang network convergence

Kesimpulan

Network Convergence yang dapat berhubungan dengan berbagai jenis jaringan hal ini dapat memudahkan komunikasi suatu jaringan

Refrensi

https://en.wikipedia.org/wiki/Network_convergence