Wednesday, October 18, 2017

Apa itu mikrotik????


Assalamualaikum Wr Wb.
 

A. Pendahuluan 
     
Mikrotik adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi Hardware dan Software yang berhubungan dengan sistem jaringan komputer yang berkantor pusat di Latvia, bersebelahan dengan Rusia.
    
B. Latar belakang 
     mikrotik adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi                hardware dan software. maka dari itu kami ingin lebih mengetahui apa itu    mikrotik
C. Tujuan
     Agar bisa memahami apa itu mikrotik, dan yang berhubungan dengan mikrotik 
D. Bahan-Bahan 
     - Ebook tentang Mikrotik
     - Internet akses  
E. Waktu Pelaksanaan 
     3 jam 

Apa Itu MikroTik ?

Pengertian
Mikrotik adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi Hardware dan Software yang berhubungan dengan sistem jaringan komputer yang berkantor pusat di Latvia, bersebelahan dengan Rusia.

Latar Belakang
John dan Arnis memulai dengan sistem Linux dan MS DOS pada tahun 1996 yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Moldova. Prinsip dasar MikroTik bukan membuat Wireless ISP (WISP), tapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan di seluruh Dunia.

Jenis MikroTik
Mikrotik RouterOS adalah sistem operasi yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, dapat mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless.Berfungsi sebagai router jaringan, bandwidth management, proxy server, dhcp, dns server dan bisa juga berfungsi sebagai hotspot server. RouterBoard router embedded produk dari mikrotik. Routerboard seperti sebuah pc mini yang terintegrasi karena dalam satu board tertanam prosesor, ram, rom, dan memori flash. Routerboard menggunakan os RouterOS yang berfungsi sebagai router jaringan, bandwidth management, proxy server, dhcp, dns server dan bisa juga berfungsi sebagai hotspot server.



Mikrotik routerboard adalah sebuah routerboard seperti sebuah pesonal computer (pc) mini yang terintegrasi karena dalam satu board tertanam prosesor, ram, rom, dan memori flash. Routerboard menggunakan os rputerOS yang bergunsi sebagai router jaringan, bandwidth management, proxy server, dhcp, dns server dan hotspot server.

Fitur Fitur MikroTik

  •     IP Routing
  •     Interface
  •     Firewal
  •     Bandwidth
  •     Management
  •     Services (server)
  •     Monitoring
  •     VRRP
  •     Scripting & Diagnostic Tools
  •     DHCP dsb.

 Sistem Level Lisensi MikroTik

Level 1 :tidak membutuhkan lisensi untuk menggunakannya dan penggunaan fitur hanya dibatasi selama 24 jam setelah instalasi dilakukan.

Level 2 :pada level ini kamu dapat menggunakannya sebagai fungsi routing standar saja dengan 1 pengaturan serta tidak memiliki limitasi waktu untuk menggunakannya.

Level 3: sudah mencakup level 1 ditambah dengan kemampuan untuk menajemen segala perangkat keras yang berbasiskan Kartu Jaringan atau Ethernet dan pengelolan perangkat wireless tipe klien.

Level 4:sudah mencakup level 1 dan 3 ditambah dengan kemampuan untuk mengelola perangkat wireless tipe akses poin.

Level 5: mencakup level 1, 3 dan 4 ditambah dengan kemampuan mengelola jumlah pengguna hotspot yang lebih banyak.

Level 6 mencakup semua level dan tidak memiliki limitasi apapun.