Thursday, October 12, 2017

Perkembangan Komputer Dari generasi Ke Generasi


A. PENDAHULUAN

1. PENGERTIAN
   
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data sesuai prosedur yang telah ada atau di tetapkan.
2. LATAR BELAKANG
Apa sebernarya fungsi komputer dan sejarah komputer
3. MAKSUD DAN TUJUAN
§  Memahami Pengertian Komputer beserta Kegunaannya
§  Dapat mengoperasikkannya sesuai bijak dan profesional

Materi
SEJARAH KOMPUTER
 1. abacus( sempoa )
sempoa adalah alat kuno yang digunakan untuk melakukan penghitungan yang bahannya terbuat dari rangka kayu dengan mempunyai sederetan poros yang berisi manik - manik yang dapat di geser. dapat dikatakan kalau sempoa ini sebagai awal mula mesin komputasi. untuk melakukan perhitungan, dengan menggeser manik - manik sesuai aturan.
 2. Mesin Buatan Charles Babbage
kesalahan perhitungan manual, membuat charles babbage terinspirasi membuat alat hitung mekanik. sehingga kesalahan - kesalahan yang dilakukan dapat berkurang.
3. Mesin Analitik (Analitical Engine)
setelah penemuan Charles Babbage, tidak ada penemuan baru dalam dunia komputer. sampai muncul ilmuan bernama Howard H.Aiken yang berhasil menemukan kalkulator elektronik.
Generasi Komputer dari awal 1940-an
1. generasi pertama (1946)
Generasi komputer pertama kali adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator) komputer elektronik yang sengaja diciptakan secara kebutuhan umum. Perkiraan dari komputer ini berukuran panjang 30m, dan tinggi 2,4m dan berat pun diperkirakan 30 ton. ukuran komputer ini sangat besar.
2. generasi kedua ( 1959 )
komputer generasi ini, berkembang pesat dengan menggunakan transistor. komputer generasi ini menunjukan adanya perbaikan dari generasi sebelumnya. seperti menemukan initi magnetik yang dapat diandalkan dalam pemrosesan.
3. generasi ketiga ( 1964 )
generasi ini berkembang dengan ditemukannya IC ( Integrated Circuit ). sebuah chip kecil yang bisa menampung banyak komponen menjadi lebih efektif. bentuk komputer ini menjadi lebih kecil dan dapat menjalankan program secara bersamaan.
4. generasi keempat ( 1979 )
generasi ini menggunakan chip IC yang dikembangkan secara maksimal oleh ilmuan. komputer generasi inilah yang dapat disebut dengan PC ( Personal Computer ). komputer ini menggunakan chip tunggal tetapi dapat menampung komponen dan program skala banyak.

Referensi :   https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer

                       Buku Perakitan Komputer kelas X TKJ