Thursday, November 2, 2017

instal lamp di linux mint


pendahuluan

pengertian lamp

PENGERTIAN 
LAMP stack adalah sekelompok perangkat lunak open source yang digunakan untuk server web, database sever yang berjalan, akronim berdiri untuk Linux, Apache, MariaDB, dan PHP.
LAMP Server (Linux, Apache, MySQL, PHP (atau Perl) adalah salah satu yang paling penting pada server. Anda mungkin pernah mengatur ini, LAMP dengan senang hati melayani web server sampai dinamis, situs web database-driven. Server LAMP ini yang mendasari pondasi Linux itu meliputi rock-solid kehandalan, kamanan, dan dapat diinstal pada semua jenis perangkat keras (dari yang old white-box Anda memiliki multi-CPU, sampai RADI-enabled rak server).
Karena OS sudah terinstal semua, langkah selanjutnya kita harus install Apache, MySQL, dan PHP. Jadi hanya ada tiga langkah agar server LAMP Anda dapat berjalan. Ingat, Anda akan menggunakan baris perintah, sehingga anda di haruskan membuka Terminal ( Shell)( atau, jika Anda menggunakan server GUI- Anda cukup menginstall, log in). Kami akan menginstall sedikit keluar dari urutan ( tidak runtut / dari akronim).

LATAR BELAKANG

Instalisasi Lamp dan Web Development di sini, tujuannya agar kita dapat mengatur, membuat, mengubah (Pokoknya Seenaknya), pada Var/www/html, Karena bawaan awal dari linux ialah Web Production maka pada Install Lampp dan Web Develompent ini untuk menginstall Lamp serta merubah Web Production menjadi Web Development
ALAT & BAHAN
1.| 1 unit PC/Laptop
2.| Koneksi Internet

JANGKA WAKTU
Tergantung Koneksi Internet

Berikut Langkah-langkah Cara menginstall LAMP Server di Linux Mint 18.2/Ubuntu 16.04 dengan beberapa screenshoot di bawah ini :

1. Seperti biasanya bagi anda pengguna Linux, terlebih dahulu buka terminal dengan shortcut (Ctrl + Alt + T), atau dengan membuka terminal melalui menu, seperti gambar dibawah ini, saya sudah membuka terminal di desktop saya.

Tahapan dan pelaksanaanya

 cara cepat
lalu install $sudo apt-get install phpmyadmin
cara 2

$sudo su apt-get install apache2
$$sudo add-apt-repository ppa:ondrej/php
$apt-get update
$sudo apt-get install php7.1 php7.1-cli php7.1-common php7.1-curl php7.1-dev php7.1-gd php7.1-imap php7.1-intl php7.1-json php7.1-mbstring php7.1-mcrypt php7.1-mysql php7.1-pgsql php7.1-phpdbg php7.1-sqlite3 php7.1-sybase php7.1-xml php7.1-xmlrpc php7.1-xsl php7.1-zip libapache2-mod-php7.1
$sudo apt-get install mariadb-server mariadb-client
$mysql_secure_installation
$sudo apt-get install phpmyadmin 


refrensi

REFERENSI
1. digitalocean
2. unixmen
3. AjiKamaludin