Thursday, November 9, 2017

Pembuatan Vm di proxmox Dan Instalasi Debian



hai teman-teman bertemu lagi dengan saya mas alvin

kali ini saya akan menbagikan cara mengnstal server debian di proxmox

nah kebetulan saya menggunakan debian os untuk os server saya

lanjutt

pertama kalian buka proxmox anda

dan klik


pilih create VM

 lalu isikan vm id anda  dan berikan nama

nah klik next

kemudian di menu os

lalu klik next

nah di menu cd/dvd anda


anda pilih iso image dan arahkan pada disk debian anda disini saya memakai

debian 8.6 kalau sudah klik next


atur disk size anda

kemudian klik ok


kemudian atur core dan socket anda



semakin banyak jumlah core semakin cepat dan baik kecepatanya

kemudian klik next

sekarang disini saya menpunyai 8 gb ram maka saya akan memakai 1.5 gb
memory ram


 pada menu network anda, akan melihat 3 pilihan yaitu bridge, nat mode, dan no network device

disini saya memilih bridge mode, jangan lupa vlan tag nya diisi   sesuai kalian buat vlan di mikrotik anda

kalau sudah klik next

 

nah pada menu confirm anda akan melihat seluruh settingan anda, pada bagian ini anda harus teliti apakah settingan anda sudah benar dan tepat

kalau sudah benar anda klik finish


Pendahuluan


  • Pengertian Os Debian server adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya. Debian GNU/Linux memuat perkakas sistem operasi GNU dan kernel Linux merupakan distribusi Linux yang populer dan berpengaruh. Debian didistribusikan dengan akses ke repositori dengan ribuan paket perangkat lunak yang siap untuk instalasi dan digunakan.
Latar Belakang
  • Menginstal os server dengan menggunakan os debian dan tata - cara menginstal debian server nya
Maksud Dan Tujuan
  • Tujuan saya menginstal Debian os sebagai Os server 
alat - alat dan bahan
  • Os debian iso saya memakai debian os versi 8.6
  • Laptop 
  • Browser
  • Jaringan
Jangka waktu
  • 30 menit
Proses Dan Tahapan

  • Pertama anda akan melihat hal pertama saat instalasi Debian


  • Anda Pilih instal / bisa juga anda pilih graphical install 

  • Kedua Anda akan memilih bahasa yang anda suka 

  • Direkomendasikan Anda memilih Bahasa inggris

  • Ketiga anda harus mensetting pemilihan negara di sini karena saya bertempat di indonesia

  • saya memilih negara indonesia 

  • Keempat configure locales 

  • saya pakai default saja klik next

  • Kelima anda akan melihat settingan ke keyboard 

  • Saya pilih keymap default setelah itu tekan enter

  • Keenam anda tunggu aja 

  • tunggu aja sampai selesai

  • Ketujuh anda harus meseting hostname anda (hostname adalah suatu identitas untuk komputer anda

  • hostname saua alvins

  • Kedelapan anda set nama dns anda (dns adalah sebuah nama yang mengantikan alamat ip agar dapat di ingat dengan mudah)
  • kemudian anda tab pilih continue 

  • Kesembilan  anda masukan kata sandi root debian anda
  • pilih continue jika anda sudah memasukan password root anda 

  • Kesepuluh anda di suruh menverifikasi password anda

  • Kesebelas anda masukan user name untuk user


  • Keduabelas anda masukan nama untuk akun anda


  • ketigabelas anda masukan kata sandi akun anda




  • keempat belas anda verifikasi akun anda




  • ke lima belas anda 
  • setting waktu kota
  • saya memakai wastern



  • Kemudian Anda setting hardisk penggunaan 


  • saya menggunakan Guide 
  • Kemudian Pilih Hardisk yang akan di gunakan



  • Kemudian Pilih All files


  • kemudian anda pilih finish dan klik next


  • setelah itu anda pilih yes dan tekan enter




  • anda akan menungu sampai proses selesai

  • setelah itu anda   akan melihat tampilan menu 
  • pemilihan anda centang ssh sama system utiliti

  • kemudian install grup loader pilih no

  • instalasi complete 

  • instalasi complete 


  • Temuan Permasalahan

-

  • FReferensi dan Daftar Pustaka

Dengan menggunakan VM Debian di Proxmox bisa menggunakan lebih dari 1 Sistem Operasi, dengan ini Installation Debian bisa digunakan sebaik-baiknya, tau lebih jelas konsep installation.