Saturday, November 11, 2017

Prosek dan peluang kerja di bidang it


PROSPEK DAN PELUANG KERJA DI BIDANG IT




PENGERTIAN
SleepingCodings - Prospek ialah kemungkinan / harapan, biasanya prospek seperti pengandaian dan harapan terhadap suatu barang / impian yang ingin di wujudkan.
Arti Prospek ialah gambaran mendetail atas peluang dan ancaman kerja di masa depan yang penuh ketidakpastiaan (Siswanto). Definisi Prospek ialah suatu gambaran keberlangsungan suatu ide di masa depan yang berupa peluang yang masih harus di adaptasikan dengan berbagai keterbatasan dan kondisi yang melingkupinya (M Ridzki).

LATAR BELAKANG
Karena, keterbatasan pengetahuan akan Peluang dan Prospek Kerja oleh anak" yang baru lulus SMK dan rasa tidak percaya diri akan potensi yang dimilikinya, maka dari itu Author mensharing tentang Prospek dan Peluang Kerja di Bidang IT, Nah khususnya temen" yang sekarang sekolah SMK dan menggulati jurusan IT.

MAKSUD DAN TUJUAN
1. Mengetahui Peluang Kerja di wilayah sekitar.
2. Dapat memahami akan Peluang Kerja yang di butuhkan di Bidang IT.
3. Tangkas akan kerasnya kemajuan teknologi di zaman era modern ini.

URAIAN
Nah, di uraian kali ini Author akan memberikan sebuah peluang kerja untuk Jurusan RPL, TKJ, dan MM, nah berikut ulasan dari Author :

JURUSAN RPL ( REKAYASA PERANGKAT LUNAK ) :

1. PROGRAMMER


Tugas Programmer :
Merancang dan membuat software (lebih pada tahap construction) dengan menulis coding menggunakan bahasa pemrograman tertentu. (PHP, Java , Ruby, Python, dll).
  •     Mengimplementasikan sebuah algoritmanya pada komputer.
  •     Melakukan testing terhadap software yang telah diciptakan sebelummnya.
Keterampilan utama meliputi :
  1.     Analisis,
  2.     Berpikir Logis,
  3.     Kerja Tim,
  4.     Perhatian Secara Mendetail.

Kiat -kiat Menjadi Programmer :
1. Siapin Mental Yang Kuat
Serta pantang menyerah karena itulah sifat mutlak dari programmer. Bagaimana mau jadi programmer kalau gagal sekali sudah menyerah. Karenanya bagi kamu yang bercita-cita menjadi programmer jangan mudah putus asa yaa, Karena Bangsa Kita Ini Temen" yaitu Bangsa Indonesia membutuhkan lebih banyak programmer lagi untuk dapat bersaing dengan negara lain dalam dunia teknologi.

2. Menguasai Algoritma
Kamu akan mengetahui pentingnya algoritma ketika beneran menjadi programmer. Algoritma adalah bagaimana metode kita dalam menyelesaikan sebuah masalah. Mungkin selama ini kita hanya tahu algoritma sebagai flowchart ataupun diagram alur lainnya. Dan ini masuk pelajaran yang sangat membosankan. Tapi sekali lagi, ini penting banget sebagai pondasi kita untuk belajar bahasa pemrograman.

3. Disarankan Belajar Banyak Bahasa Pemrograman
Memang belajar 1 bahasa pemrograman dan menjadi master di bidang itu sangat baik . Namun ini menyesuaikan dengan kebutuhan industri sekarang. Perusahaan biasanya lebih mencatumkan beberapa persayaratan keahlian di lowongan kerja mereka. Misalnya, Dibutuhkan Front End Developer. Dengan keahlian utama Bootstrap dan React JS. Nah, untuk mengetahui kebutuhan industri, programmer seperti apa yang populer sekarang. Kamu harus mengetahui bahasa pemrograman apa yang terpopuler di dunia saat ini.

a.) Bahasa Pemrograman terpopuler di dunia

Berdasarkan hasil dari PYPL PopularitY of Programming Language Index pada bulan September 2015 menyatakan bahwa Java masih menjadi raja bahasa pemrograman populer yang digunakan oleh developer di seluruh dunia. Setelah itu disusul oleh PHP, Python, C#, dan C++ yang menempati 5 besar.

Bahasa pemrograman terpopuler di dunia

Nah, kalau dari bahasa pemgrograman diatas termasuk bahasa pemrograman terpopuler di dunia, bagaimana dengan industri di Indonesia?

10 Bahasa Pemrograman terpopuler di Indonesia :

1. Java
2. C
3. PHP
4. Visual Basic
5. Python
6. C++
7. Javascript
8. C#
9. Objective C
10. Action Script

Untuk awal kamu dapat mempelajari seluruh bahasa pemrograman diatas. Kemudian pilih lah satu yang akan kamu fokuskan.

Belajar pemrograman sendiri kalau temen" hanya belajar di sekolah, tentu belum cukup. Temen" juga harus membiasakan belajar sendiri atau dikenal dengan belajar secara otodidak.

Referensi Tempat Belajar Bahasa Pemrograman Bahasa Indonesia :

1. Ilmu Komputer
2. Jago Koding
3. Sekolah Koding
4. Dunia Ilkom

4.Belajar Bahasa Inggris
Allahamdulillah jika temen" udah bisa bahasa inggris karena dalam sintak/script ada editor tidak menggunakan bahasa indonesia . Dengan bisa bahasa inggris kamu juga dapat belajar pemrograman lebih banyak dari situs-situs berbahasa inggris .

Tempat belajar bahasa inggris yang bagus buat kamu:

1. Bahaso
2. Duolingo

Programmer seperti apa yang seringkali kali dicari perusahaan?
Mengutip dari  Codepolitan, Media Edukasi Pemrograman di Indonesia. Dibawah ini beberapa hal yang dicari perusahaan pada setiap calon programmer mereka.

    Programmer yang mau belajar, terutama mempelajari hal-hal yang baru karena semakin banyak skill yang dia miliki maka semakin banyak dicari.
    Loyal, banyak programmer yang hanya bekerja sebentar di satu perusahaan dengan tujuan mengejar gaji yang tinggi, tapi pengetahuan yang dia miliki minim.

    Seorang programmer harus memiliki sikap yang baik, tidak sedikit suatu perusahaan mempekerjakan seorang programmer dengan skill yang hebat tetapi tidak di dukung dengan sikap yang baik dan akhirnya perusahaan itu memutuskan untuk mengeliminasi sang programmer.
    Seorang programmer harus bisa berkomunikasi dengan baik tidak hanya dengan komputernya. Kebanyakan programmer di satu perusahaan bekerja dalam tim, kemungkinan buruk akan terjadi apabila tidak ada komunikasi yang baik antar anggota tim.

    Selain komunikasi yang baik, programmer juga lebih baik didukung dengan kemampuan komunikasi dalam bahasa inggris karena tidak sedikit perusahaan dari luar negeri mempekerjakan programmer dari Indonesia.

Gaji Programmer di Indonesia

Jobplanet sebagai platform komunitas online yang memberi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan, menyebut gaji rata-rata staf di bidang TI di Indonesia adalah Rp 4.050.000 .

2. SOFTWARE ENGINNEER


Software enginner dan programmer menurut orang kebanyakan adalah profesi yang sama karena sama-sama merancang dan membuat software / program. Perbedaan programmer dan software engineer terletak pada kreativitasnya. Ilustrasinya programmer dan software enginner sama-sama mendapatkan sebuah project .

    Programmer akan mengejarkan project itu sesuai permintaan kliennya , sedangkan software enginner akan mengejarkan project itu melebihi permintaannya .

Software enginner mampu merekayasa perangkat lunak menjadi lebih istimewa daripada programmer. Lebih jelasnya, apa yang dilakukan software enginner ?

Keterampilan utama meliputi:
1. Organisasi
2. Pemecahan Masalah (Penyelesaian)
3. Komunikasi
4. Pemikiran yang Jernih
5. Kemampuan tetap tenang walau dalam tekanan

Tugas Software Enginner
Melakukan semua tugas yang dilakukan programmerMerekomendasikan dan menerapkan metodologi terbaik dalam sebuah project pembuatan software.

Kiat-kiat menjadi Software Enginner
  1. Lebih gigih dan pantang menyerah karena level lebih tinggi daripada programmer.
  2. Memahami SDLC berdasarkan SWEBOK (requirement, design, implementation / constructuion , testing, dan maintenance)
  3. Memahami metodologi software development seperti RUP , Agile , XP , Scrum , dll
  4. Lebih kreatif
  5. Belajar dari karya(software) orang lain yang menurut kamu istimewa.

Gaji Software Engineer di Indonesia
Qerja, Platform Karir di Indonesia menulis bahwa seorang software engineer dapat memperoleh gaji rata-rata dengan rentang Rp5.000.000 sampai Rp8.000.000.

Perusahaan startup seperti bukalapak.com dan Traveloka berani menggaji tinggi software engineer mereka, yaitu Rp11.000.000 hingga Rp12.000.000.

3. DATABASE ENGINNEER
Dikenal sebagai: Database administrator, Database analisis.

Database engineer umumnya bekerja untuk mendesain dan memonitor database kompleks. Mereka bertanggung jawab di bidang pemeliharaan yang memastikan database tersebut responsif dan dapat menyediakan data yang valid. Bagi perusahan kecil mungkin Database Engineer tidak terlalu dibutuhkan atau digabung dengan profesi programmer. Lain halnya dengan perusahaan yang memerlukan database yang besar misalnya toko online Amazon.

keterampilan utama meliputi:
  •     kemampuan untuk mengekstrak dan menganalisis informasi,
  •     komunikasi yang baik
  •     ketelitian yang baik

Ingin tahu tugas database engineer ?
Tugas database engineer :
  1.     Merencanakan, mengembangkan, dan memelihara database
  2.     Desain database
  3.     Analisis data
  4.     Data modeling dan optimasi

Kiat-kiat menjadi Database Engineer :
Menguasai beberapa software yang menggunakan DBMS (Oracle , Sql Server , Acces , dll)

Gaji seorang Database Engineer
Data gaji yang tertinggi untuk Database Engineer adalah di ACE Hardware dengan kompensasi moneter sebesar Rp22.500.000. Data lainnya adalah PT Pelabuhan Indonesia II yang menawarkan Rp14.000.000 dan PPLI sebesar Rp12.000.000.

4. WEB ENGINEER

Dikenal sebagai: Web Developer, Web Designer, Web Programmer, Web Spesialis.

Mungkin inilah profesi yang akhir-akhir ini booming dan banyak orang belajar menjadi Web Engineer atau lebih akrabnya dengan Web Designer.

Apakah ngeblog juga termasuk Web Engineer?
Jawabannya adalah tidak, karena kebanyakan blog sekarang tidak merancang template sendiri melainkan hanya memakai template yang sudah jadi .
Tugas Web Engineer :
  1.     Merancang konsep layout (Wireframing)
  2.     Merancang konsep secara visual
  3.     Menulis srcipt HTML , CSS , Javascript pada editor sesuai konsep visual
  4.     Membuat susuna markup

Kiat-kiat menjadi Web Engineer :
  1. Menguasai HTML, CSS, Javascript, dan bahasa pemrograman lain yang digunakan dalam membuat website
  2. Belajar Desain / Edit foto (Photoshop / Corel Draw)
  3. Menggunakan tools-tools untuk memperefektif waktu
Gaji web designer
Data dari situs Qerja. Gaji dari web designer berkisar antara Rp 4.000..000 hingga Rp 14.000.000 .



5. SOFTWARE TESTER
Tugas utama software tester adalah melakukan pengecekan atau testing terdapa bug atau kesalahan di dalam sebuah program atau software. Jadi, keberhasilan software tester adalah kegagalan bagi developer, sebaliknya demikian. Namun, pada dasarnya keberhasilan software tester ataupun keberhasilan developer memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk membuat sebuah aplikasi atau software bebas dari bug (meskipun sebenarnya tidak ada aplikasi yang bisa benar-benar bebas dari bug).

Menurut kamu mudahkah menjadi software tester?

Banyak orang yang berpikir bahwa tugas software tester adalah tugas yang sangat mudah, namun pada kenyataannya tugas software tester adalah tugas yang sulit dan memiliki tanggungjawab yang besar terhadap keberhasilan sebuah produk IT.

Selain harus memiliki kesabaran dan ketelitian, seorang softawre tester juga dituntut untuk proaktif dan memiliki kreatifitas imajinasi yang tinggi.

Tidak percaya? Silahkan simak ulasan berikut mengenai A-Z nya software tester.

Software Tester dan Dokumen
Makanan sehari-hari seorang software tester adalah dokumen. Berkutat dengan dokumen-dokumen adalah hal yang biasa dan lumrah, karena tanpa dokumen, software tester tidak dapat membuat test scenario yang baik.

Dokumen apa saja yang dibutuhkan oleh software tester :
1. SRS (System Requirement Specification) adalah dokumen yang menyediakan panduan mengenai spesifikasi requirement sistem yang diinginkan oleh client/user secara lengkap terhadap suatu bagian/keseluruhan aplikasi.

Di dalam SRS ini terdapat bahasan mengenai use case description, level, included form, extend, primary actor, precondition, scope, dan sebagainya.

2. SAD (Software Architecture Document) adalah dokumen yang menggambarkan desain arsitektur (flow process) secara umum dari modul yang ada dalam sebuah sistem. SAD memuat spesifikasi yang lebih rinci dari dokumen SRS.

Di dalam SAD ini terdapat bahasan mengenai overview software, references, architectural representation (screen map, CS Management, Flow chart, database model, sequence diagram, dan class diagram), architectural goals dan constraints, use-case view, logical view, process view, deployment view serta size and performance. Dari semua dokumen inilah si software tester kemudian akan mengetahui seperti apa sistem yang akan di testing. Setelah mengetahui proses bisnis dari sistemnya, maka software tester harus membuat test case yang terdiri dari langkah-langkah pengetesan terhadap sistem yang dibagi-bagi kedalam tiap modul/unit sistem.

Disinilah kreatifitas dan imajinasi seorang software tester diperlukan, yaitu ketika mereka harus membuat skenario test dari sistem yang belum pernah mereka sentuh sebelumnya. Atau lebih tepatnya jika dapat digambarkan, software tester harus dapat mentransfer seluruh ‘isi kepala’ business analyst atau system analyst mengenai sistem tersebut ke dalam pikiran/otak mereka.

Bisa dibayangkan betapa sulitnya tugas ini bukan?.

Tahapan Testing/ Testing Life Cycle
  1. Start –> review test case
  2. Perform testing : pengetesan test case yang biasanya di awali dengan smoke test (pengetesan tanpa prosedur dalam test case, hanya berdasarkan pengetahuan software tester secara umum saja), lalu kemudian di lanjutkan dengan execution test (yang menggunakan test case). Tujuan dari smoke test ini adalah untuk meminimalisasikan jumlah error apalagi error yang bersifat trivial (salah penulisan, warna atau posisi button/tulisan/form, dan bug-bug kecil lainnya) sebelum execution test.
  3. Review and Verify test result, yaitu pelaporan hasil testing kepada team developer.
  4. Do Bug fixing, dimana bug-bug atau error yang ditemukan dalam sistem akan di perbaiki oleh developer.
  5. Re-test and Regression testing, yaitu testing yang dilakukan setelah bug fixing.
  6. Produce validation report and release note, yaitu pelaporan kepada developer ketika sistem sudah dinyatakan bersih dari bug.
  7. UAT (user acceptance test) yaitu test case yang dibuat untuk kemudian di test oleh end user sistem tersebut.
6. SOFTWARE DEVELOPER
Software Developer mungkin agak berbeda dengan berbeda dengan programmer maupun software enginner .

Perbedaan terletak bila programmer hanya membuat software , software development lebih pada bisnisnya . Bagaimana mengkomersilkan software .

Software Developer adalah penyempurna dari seorang programmer karena bagaimana cara software yang telah dirancang secara susah payah dapat dijual dan dijadikan uang.

Software developer adalah otak di balik proses desain, instalasi, dan maintenance sistem software. Bekerja sama dengan IT analyst, mereka yang berprofesi sebagai software developer menciptakan peranti lunak yang nantinya akan digunakan untuk mengoperasikan sistem.

Gaji software developer
Bagi lulusan jurusan IT yang bekerja sebagai software developer, gaji rata-rata yang bisa diperoleh berada di kisaran Rp4.500.000 hingga Rp8.500.000. Lebih spesifik lagi, software developer bagi Picotera Media dapat memperoleh gaji sejumlah Rp14.000.000, sementara Agropangan Putra Mandiri dan Veritrans menawarkan Rp12.000.000
Tugas Software Developer:

    Memasarkan software

Kiat-kiat menjadi software developer
  1.     Belajar ilmu manajemen karena ini penting
  2.     Membuat software apa yang diperlukan dalam kehidupan
  3.     Memperbanyak komunikasi dan relasi
  4.     Marketting harus handal



7. GAME DEVELOPER


Bagi kamu pecinta game , sampai kapan main game terus ? belajarlah menjadi game developer , kamu tidak akan merasakan bagaimana sensasi memainkan game buatan sendiri bila tidak mencoba membuatnya .

Hilangkan perasaan takut gamenya jelek , gagal , toh yang namanya belajar pasti pernah mengalami fase kegagalan .

Untuk belajar membuat game saya saran kan menggunakan software Construct 2 karena mudah tanpa coding dan hasilnya dapat langsung kamu export ke berbagai platform .

Kamu dapat menghubungi saya bila ingin bertanya dan diskusi mengenai Construct 2. Inyaallah akan saya berikan solusinya .
Kiat-kiat menjadi game developer :

1. Pantang menyerah
2. Membuat konsep sebelum memulai membuat game
3. Buatlah game yang menunjukkan identas negara  , yakni Indonesia tercinta .

Software untuk belajar membuat game
  1.     Game Maker / Studio
  2.     RPG Maker
  3.     Game Salad
  4.     Stencyl
  5.     Unity
  6.     Contruct 2
  7.     Adventure Studio

8. SYSTEM ANALISIS

Pekerjaan utama system analyst adalah merancang solusi IT untuk meningkatkan efisiensi bisnis dan produktifitas organisasi client dengan melakukan pendekatan logis terhadap masalah teknis.

System analyst biasanya datang dari seorang programmer yang sudah mahir dan memiliki pengalaman sebagai pengembang software, sehingga dibutuhkan rata-rata 3-5 tahun untuk bisa menjadi system analyst.

Tugas system analysist :
1. Menganalisis data-data yang diperoleh dari programmer maupun software tester
2. Memeberikan saran terbaik kepada programmer agar software menjadi lebih baik lagi .

Kiat-kiat menjadi system analysist :
1. Biasakan bekerja dengan team
2. Tanggung jawab adalah keberkahan
3. Tulis semua data yang diperoleh dari programmer

Dengan standar gaji rata-rata sebesar Rp6.500.000 hingga Rp12.000.000, posisi sebagai system analyst cukup menggiurkan.

Berdasarkan data kami, system analyst yang bekerja untuk British Petroleum Indonesia dapat menikmati gaji sebesar Rp22.500.000, Dwidasa Samsara Indonesia sebesar Rp19.500.000, dan Xsis Mitra Utama sejumlah Rp16.500.000.

9. KONSULTAN IT 
  
IT consultant bekerja memberi saran dan ide kepada client tentang bagaimana mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi untuk memenuhi target bisnis atau menyelesaikan suatu masalah. IT consultant juga bekerja untuk memperbaiki struktur dan efisiensi dari sistem IT organisasi client.

Tugas konsultant IT adalah menyelesaikan masalah client , maupun memenuhi keingingan klient .

Misalnya saja suatu perusahan ingin membuat website company profile , dan kamu dapat menawarkan diri kamu sebagai Konsultan IT untuk membuat website company profile dengan harga sesuai kesepakan .

Kiat-kiat menjadi konsultan IT :
1. Dengarkan permintaan klien dengan seksama
2. Jangan kecewakan client hanya dengan tidak tepat waktu
3. Bila terdapat error pada project , katakan kalau kamu mampu memperbaikinya , hanya saja masih perlu waktu untuk mencari permasalah dan solusinya .

Gaji rata-rata yang bisa diperoleh IT consultant
Berada di range Rp6.000.000 hingga Rp11.000.000, termasuk yang tertinggi dari pelbagai profesi jurusan IT dari data kami.

Oracle menggaji seorang IT Consultant cukup kompetitif, dengan gaji sebesar Rp9.200.000. Perusahaan teknologi yang memproduksi gadget elektronik seperti Hewlett-Packard berani membayar seorang konsultan IT sebesar Rp12.000.000.
Tidak mau kalah, salah satu perusahaan teknologi terbesar, yaitu IBM membayar mahal seorang IT Consultant, yaitu Rp14.000.000.

JURUSAN TKJ (TEKNIK KOMPUTER JARINGAN) :
Prospek kerja Lulusan SMK TKJ - Lulusan SMK TKJ berpeluang besar untuk mendapatkan prospek kerja lebih baik daripada SMA. Selain itu Lulusan SMK TKJ juga mempuyai kesempatan bergerak dibidang wirausaha :

Prospek kerja Lulusan SMK TKJ terbilang cukup besar. Berbagai macam pengetahuan komputer telah diterima sejak menginjak bangku kelas 1.

Menurut Permen Dikbud N0 73/2013, jenjang pendidikan formal setingkat SMU/SMK sampai D III ada di level operator. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Lulusan SMK TKJ setara dengan Lulusan DIII perguruan tinggi.

Setiap Lulusan SMK TKJ dibekali dengan sertifikat. Fungsi sertifikat ini adalah sebagai tanda bahwa siswa yang bersangkutan telah Kompeten dalam bidang komputer.

Nah, Lulusan TKJ mempunyai prospek bekerja sebagai berikut :
  1.     Junior Office Operator
  2.     Help Desk
  3.     Senior Operator
  4.     Junior Techical Support
  5.     Technical Support
  6.     Junior Network Administrator
  7.     Network Administrator
  8.     Network Engineer
  9.     Junior System Administrator
  10.     System Administrator
  11.     System Engineer

JURUSAN MM (Multi Media) :

"Prospek Kerja Seorang Multimedia"

dan hal ini mungkin perlu sekali diperhatikan, massih banyak orang tua berpikir kalau mengambil jurusan multimedia mau bekerja jadi apa, masih terselip kekhawatiran dihati orangtua apabila anaknya tidak mendapat pekerjaan atau mendirikan sebuah usaha. pekerjaan dibidang multimedia bisa dibilang baru dibanding dibidang atau jurusan lain seperti otomotif, elektronika dan yang lainnya. pekerjaan di multimedia itu sendiri muncul karena adanya perkembangan teknologi yang semakin maju. nah dengan perkembangan itulah memunculkan sebuah pekerjaan.


1. Desain grafis

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar mapun tulisan untuk menyampaikan sebuah pesan  dengan semenarik mungkin. biasanya jasa desain grafis diperlukan untuk memberi tampilan pada produk komersial. menjadi seorang desain grafis tidaklah sulit apabila dilakukan dengan niat dan kreativitas yang tinggi.

 


2. Animator.
menjadi seoarang animator adalah pekerjaan yang bisa dilakukan apabila tidak ingin mengambil pekerjaan yang lain. menjadi seorang animator juga harus mempuyai kreativitas. animator dapat bekerja diberbagai bidang seperti televisi, fim, video game, internet dan lain sebagainya. hasil karya sebuah animasi tergantung pada keahlian si pembuat.

3. Fotografer dan video shooting

profesi lain yang tak kalah kerennya yaitu menjadi fotografer. menjadi seorang fotografer haruslah mempunyai keahlian dalam penggunaan kamera atau sejenisnya. biasanya hasil jepretannya tersebut dijual untuk cover majalah, selain itu pekerjaan ini juga diperlukan dalam sesi foto pre wed atau sejenisnya. selain fotografer ada saudaranya yaitu video shooting. tak kalah kerennya video shooting biasanya beraksi dalam sebuah acara untuk mengenang peristiwa tersebut.

4. pekerjaan di stasiun tv
Jangan berpikiran bekerja di stasiun televisi hanya memegang alat yang bernama kamera. benar juga tetapi di dunia pertelevisian tidak hanya seorang kameramen yang diandalkan. contohnya seperti memerlukan jasa editing, animasi, desain grafis dan masih banyak yang lainnya.

5. pekerjaan kreativ lainnya 

Tujuan pokoknya seorang lulusan smk harus memiliki jiwa wirausaha, contoh dalam bidang multimedia kita bisa membangun usaha  seperti video shoting, percetakan, komikus, usaha clothing dan masih banyak lagi tergantung kreativitas dan peka terhadap peluang. Selain itu kalian juga dapat menggunakan keahlian yang kita terima di multimedia, untuk mencari pekerjaan.

KESIMPULAN
Nah, jadi dari kesimpulan di atas, jelas bahwa temen" yang ambil Jurusan IT masih mempunyai banyak Peluang Kerja. Nah, namun Peluang Kerjanya tergantung keahlian / sampai sejauh mana kemampuan temen" akan Jurusan yang temen" pilih.

REFERENSI
1. Wikipedia
2. Blog
3. Iosinotes
4. BlogTKJ
5. jurnal

Semoga Bermanfaat ~

Wassalamu'alaikum Wr. Wb