Friday, November 10, 2017

web hosting dan dns apa itu




PENGERTIAN
Alvin steven Web Hosting ialah sebuah layanan service yang menyediakan tempat atau memberikan ruang bagi perorangan atau kelompok untuk mengonlinekan sebuah web. 
Web Hosting ala Mbah Suro ialah berasal dari kata Host yang berarti sekumpulan client yang terhubung / tersambung dengan Internet itulah yang di namakan Host (kurang lebih, kalau ga lupa Author). Nah, kalau Hosting ialah sebuah kata kerja yang berarti mengonlinekan sebuah website (namun bukan cuman website loh..), yang terhubung dengan Internet dan Hosting di sini menyediakan layanannya seperti Cpanel dan lain".

LATAR BELAKANG
Saya menshare ini, tujuannya agar temen" memahami sedikit tentang apa itu Hosting. 

MAKSUD DAN TUJUAN
1. Mendapat Ilmu pengetahuan tambahan tentang Hosting
2. Dapat mengoperasikannya
3. Mengetahui cara kerjanya

PENYAMPAIAN MATERI 
Nah, sebetulnya penyampaian materinya seperti pengertian yang di atas namun selain menjelaskan tentang Hosting Mbah Suro juga menjelaskan tentang cara kerja DNS, nah di sini akan saya sharingkan yaitu cara kerja DNS seperti berikut & kelebihannya :

 1. DNS mampu membuat 2 nama domain di satu website
=> Nah, yang di maksud 2 nama domain yaitu, formalnya untuk pertama kalinya DNS itu menggunakan nama domain yang berupa Ip seperti localhost yang dapat di panggil lewat web browser dengan mengetikkan localhost / 127.0.0.1, iya kan?.. Nah itu yang Author maksud 2 nama domain. Yang pertama berupa Ip, dan yang kedua berupa Text dan Angka.

Nah, untuk Hosting sendiri itu seperti yang saya jabarkan di pengertian tadi yaitu berasal dari kata Host yang artinya sebuah client (pokoknya gitu lah) yang terhubung dengan Internet dapat di sebut dengan Host, nah namun kalau Hosting ini merupakan kata kerja yang berarti mengonlinekan sebuah website dan menyimpan sesuatu / file" Hosting namun dengan sambungan Internet.

CARA KERJA DNS
Jadi Client mengetikkan nama domain yang berupa Ip ataupun domain Text di web browser, maka akan merequest ke atasnya yaitu merequest ke DNS Servernya dan jika web / nama domain di temukan maka DNS Server dan di arahkan ke Link / nama domain sesuai nama domain yang di tuju tadi.  

Nah, dan juga di jelaskan tentang Resolver dan Resolving, nah untuk Resolver ini ialah sebuah Klien yang mengirimkan sebuah request ke Server DNS (mencari nama domain tadi), nah permintaan request inilah yang di sebut Resolving.

KESIMPULAN
Nah, tentunya dari pengertian dan pemahaman tentang Hosting dan Cara Kerja DNS tentunya temen" sudah punya gambaran, dan jika menjalankan sebuah aplikasi kita perlu memahami juga tentang bagaimana cara kerja aplikasi tersebut, kita juga perlu tau tentang aplikasi tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan apa dan sebagainya.

REFERENSI
1. wiki  

Semoga Bermanfaat ~

Wassalamu'alaikum Wr. Wb