Thursday, November 2, 2017

Mengenal dan cara menbuat vlan pada mikrotik






hai teman-teman perkenalkan saya alvin steven

disini kami akan menperkenalkan dan hal-hal yang berhubungan dengan vlan

vlan disingkat virtual local area network yang dalam artinya

sebuah lan virtual yang beradi di lan fisik

kata si mbah seperti selang yang di dalam selang itu ada selang kecil

nah selang kecil ini kecepatan bandwith bergantung pada selang yang besar

atau selang fisik

mengapa di perlukan vlan?

vlan ini di perlukan contoh Jika kita kekurangan kabel dan port, kita bisa menbuat sebuah vlan tsb

cara kerja vlan kata wiki
VLAN bekerja dengan menerapkan tag ke paket jaringan dan menangani tag ini dalam sistem jaringan - menciptakan tampilan dan fungsi lalu lintas jaringan yang secara fisik berada pada satu jaringan namun bertindak seolah-olah terbagi antara jaringan yang terpisah. Dengan cara ini, VLAN dapat menjaga agar aplikasi jaringan tetap terpisah meski terhubung ke jaringan fisik yang sama, dan tanpa memerlukan beberapa perangkat pemasangan kabel dan jaringan untuk digunakan.
  
nah jadi itu cara kerja vlan

kelebihan dan kekurangan vlan 

kata wiki kelebihan vlan
Penerapan sebuah teknologi VLAN memungkinkan sebuah jaringan menjadi lebih fleksibel untuk mendukung tujuan bisnis. Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan VLAN:
Security– Departemen yang memiliki data sensitive terpisah dari jaringan yang ada, akan mengurangi peluang pelanggaran akses ke informasi rahasia dan penting.
 Cost reduction – Penghematan biaya dihasilkan dari tidak diperlukannya biaya yang mahal untuk upgrades jaringan dan efisiensi penggunaan bandwidth dan uplink yang tersedia.
 Higher performance – Dengan membagi jaringan layer 2 menjadi beberapa worksgroup secara logik (broadcast domain) mengurangi trafik yang tidak diperlukan pada jaringan dan meningkatkan performa.kjk
 Broadcast storm mitigation – Dengan membagi sebuah jaringan menjadi VLAN mengurangi jumlah peralatan yang berpartisipasi dalam broadcast storm.
 Improved IT staff efficiency – Dengan VLAN pengelolaan jaringan lebih mudah, karena user-user dengan kebutuhan jaringan yang sama berbagi VLAN yang sama.
 Simpler project or application management – Memiliki fungsi-fungsi terpisah mempermudah pengelolaan sebuah project atau bekerja dengan aplikasi khusus.

refrensi wikipedia https://id.wikipedia.org/wiki/VLAN
sekian dari saya terimakasih sudah membaca dan memahami dan saya lebih berterimakasih jika post saya dibagikan dan di copy dengan menyertakan
refrensi di blog anda


Membuat VLAN pada Mikrotik

Pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang bagaimana cara membuat VLAN pada Mikrotik
Apa itu VLAN ?

Virtual LAN atau disingkat VLAN merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda. Vlan dibuat dengan menggunakan jaringan pihak ke tiga. VLAN merupakan sebuah bagian kecil jaringan IP yang terpisah secara logik. VLAN memungkinkan beberapa jaringan IP dan jaringan-jaringan kecil (subnet) berada dalam jaringan switched switched yang sama. Agar computer bisa berkomunikasi pada VLAN yang sama, setiap computer harus memiliki sebuah alamat IP dan Subnet Mask yang sesuai dengan VLAN tersebut. Switch harus dikonfigurasi dengan VLAN dan setiap port dalam VLAN harus didaftarkan ke VLAN. Sebuah port switch yang telah dikonfigurasi dengan sebuah VLAN tunggal disebut sebagai access port.
Sebuah VLAN memungkinkan seorang Administrator untuk menciptakan sekelompok peralatan yang secara logic dihubungkan satu sama lain. Dengan VLAN, kita dapat membagi jaringan switch secara logik berdasarkan fungsi, departemen atau project team .
  • LATAR BELAKANG
Pembuatan VLAN bisa digunakan sebagai interface untuk OS Server yang terdapat dalam PC fisik semisal OS debian dalam PC Server yang diinstal Proxmox
  • MAKSUD DAN TUJUAN
Tujuannya adalah untuk membagi akses internet kedalam sebuah sistem operasi yang diinstal di media virtual
  • JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
Kurang lebih 5 menit
  • ALAT DAN BAHAN
  1. ROUTERBOARD MIKROTIK
  2. LAPTOP/PC
  • TAHAPAN PELAKSANAAN
Pertama.masuklah ke menu interface lalu pilih add(+) kemudian pilih VLAN

Isikan nama VLAN dan VLAN ID sesuai dengan yang sudah ditentukan,pada interfacenya pilih interface yang akan digunakan sebagai master interface dari VLAN tersebut


Jika sudah,pindah ke menu IP ===> Address dan tambahkan IP pada interface VLAN tersebut


  • KESIMPULAN
Jadi,dengan VLAN kita bisa berbagi koneksi internet kedalam sebuah sistem operasi yang diintasl secara virtual
  • HASIL YANG DIDAPAT
Kita bisa berbagi koneksi internet pada sebuah sistem operasi yang diinstal secara virtual